Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Agar Diberi Mimpi Baik Dan Indah Pada Saat Tidur Beserta Artinya

Doa Mimpi Baik dan Indah - Pada kesempatan kali ini akan berbagi bacaan doa agar mendapat mimpi yang baik dan indah pada saat tidur. Sebagai seorang muslim dianjurkan membaca doa pada saat hendak beraktivitas seperti halnya pada saat kita akan tidur, agar pada saat kita tidur mendapat mimpi yang indah dan baik dan terhindar dari mimpi yang buruk.

Seperti yang kita ketahui mimpi merupakan bunga tidur, ada kalanya kita mengalami mimpi yang membuat bahagia dan membuat senang pada saat kita bangun dari tidur. ada pula kita mengalami mimpi yang buruk sehingga membuat kita takut pada saat kita terbangun dari tidur.

Doa agar diberi mimpi yang baik dan indah
Gambar ilustrasi anak sedang tidur

Kita sebagai umat islam sudah sepatutnya bersyukur dan bangga karena di dalam islam di ajarkan doa-doa pada saat beraktivitas, doa sehari-hari maupun doa khusus, seperti halnya doa agar kita diberi mimpi indah dan baik ini.

Berikut ini adalah bacaan doa agar di beri mimpi baik dan indah beserta latin dan terjemahannya.

Doa Agar Diberi Mimpi Baik Dan Indah

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ رُؤْيًا صَالِحًا صَادِقَةً غَيْرَ كَاذِبَةٍ نَافِعَةً غَيْرَضَارَّةٍ

Alloohumma inni as-aluka ru'yan shoolihatan shoodiqotan ghoiro kaadzibatin naafi'atan ghoiro dloorrotin

Artinya: "Ya Allah, aku mohon kepadaMu mimpi yang baik yang benar dan tidak dusta, yang bermanfaat dan tidak berbahaya"

Doa di atas di baca saat kita hendak tidur dengan doa akan tidur yang sudah sering kita ucapkan pada saat akan tidur, supaya kita mendapatkan mimpi yang baik dan indah, yang benar, tidak dusta serta bermanfaat dan tidak berbahaya.

Baca juga : Doa ketika mendapat mimpi buruk dan mimpi baik

Jenis-jenis Mimpi Dalam Islam

Dalam islam mimpi juga mempunyai jenis-jenisnya, Rasulullah Saw juga menjelaskan jenis-jenis mimpi dalam sebuah hadist terkait dan dari mana datangnya mimpi.

وَالرُّؤْيَا ثَلَاثَةٌ فَرُؤْيَا الصَّالِحَةِ بُشْرَى مِنْ اللَّهِ وَرُؤْيَا تَحْزِينٌ مِنْ الشَّيْطَانِ وَرُؤْيَا مِمَّا يُحَدِّثُ الْمَرْءُ نَفْسَهُ

Artinya: "Mimpi itu ada tiga: (1) Mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah. (2) mimpi yang menakutkan atau menyedihkan, datangnya dari syetan. (3) mimpi yang timbul karena ilusi angan-angan atau khayal seseorang." (HR. Muslim)

Dalam Hadist diatas mimpi di bagi menjadi tiga:

1. Ru'ya al hasanah (ru'ya ash shalihah)

Yaitu mimpi yang baik. Mimpi ini datangnya dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Cirinya, mimpi tersebut membahagiakan, menggembirakan, disenangi, tanpa dipikirkan atau dilamunkan sebelumnya. Ketika ia bangun, hatinya bersuka cita dengan mimpi tersebut.

2. Ru'ya as sayyi'at (ru'ya at tahzin min asy syaithan)

Yaitu mimpi buruk. Datangnya dari syetan. Cirinya, mimpi itu menakutkan, menyedihkan, atau membuat gelisah, tanpa dipikirkan atau dilamunkan sebelumnya. Ketika seseorang terbangun dari mimpi ini, hatinya gelisah dengan mimpi tersebut.

3. Haditsu an nafsi

Yaitu mimpi yang berasal dari pikiran atau hayalan. Inilah yang paling sering terjadi. Yakni ketika seseorang sedang memikirkan sesuatu atau memiliki hayalan tertentu, hal itu kemudian muncul di alam mimpi.
Itulah Bacaan doa agar diberi mimpi yang baik dan indah serta di jauhkan dari mimpi buruk, doa diatas sebaiknya di hafalkan, agar pada saat kita tidur di beri mimpi yang indah, baik dan selalu di lindungi oleh Allah Swt pada saat kita tidur sampai kita bangun di pagi hari. Dan semoga doa diatas bisa bermanfaat bagi kita. Amin