Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Untuk Menyembuhkan Sakit Perut Yang di Ajarkan Rasulullah SAW

Doa Menyembuhkan Sakit Perut - Sakit perut memang sudah tidak asing lagi dan hampir semua orang pernah mengalaminya dari anak-anak sampai orang tua. Penyebab sakit perut ada bermacam-macam seperti perut kosong, diare, sembelit, maag, karena haid, gangguan pencernaan dan sebab-sebab lainnya. Namun gejalanya sama yaitu merasakan sakit di bagian perut seperti mulas, mual dan nyeri.

Saat sedang sakit perut tentunya kita harus sesegera mungkin berusaha mengobatinya. Selain berusaha mengobatinya kita juga harus berdoa kepada Allah SWT, memohon kesembuhan agar sakit yang kita derita segera di hilangkan dari tubuh kita. Nah, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi bacaan doa ketika sakit perut lengkap beserta latin dan terjemahannya.

Doa Untuk Menyembuhkan Sakit Perut Yang di Ajarkan Rasulullah Saw

Sebenarnya doa ini tidak dikhususkan untuk mengobati sakit perut saja. Doa ini dibaca saat anggota tubuh menderita sakit namun bisa diamalkan untuk mengobati sakit perut.

Baca juga: Bacaan Doa Minum Obat Agar Cepat Sembuh Dari Sakit

Dalam Syarah Hisnul Muslim disebutkan Asbabul Wurud (penyebab atau peristiwa yang melatarbelakangi di ungkapkannya hadist) hadist ini. Suatu hari ada seseorang sahabat Rasulullah SAW yang datang mengeluhkan sakit pada anggota tubuhnya. Ia bernama Utsman bin Al Ash ra yang merasakan sakit semenjak ia masuk Islam.

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِسْمِ اللهِ ,ثَلاَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya: Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah "Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (HR. Muslim)

Doa Untuk Menyembuhkan Sakit Perut

Berdasarkan hadist diatas maka tata cara mengamalkannya adalah :
  • Menempelkan tangan di bagian perut 
  • Membaca Basmallah (Bismillah) 3x
  • Kemudian membaca doa dibawah ini.
أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A'uudzu billaahi waqudrotihi min syarrimaa 'ajidu wa'uhaadziru

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan".

Baca juga : Doa untuk menyembuhkan jerawat dan bisul

Demikianlah mengenai bacaan doa untuk menyembuhkan sakit perut beserta terjemahannya. Doa di atas tidak dikhususkan untuk menyembuhkan sakit perut saja bisa juga dibaca saat anggota tubuh menderita sakit lainnya.

Semoga dengan membaca doa diatas Allah SWT, segera mengangkat penyakit yang kita derita. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat.